Cara Membuat Video Mobile Legends WTF Moments

Hallo Sobat Pamsatria, Apakah kamu suka melihat video-video di youtube? Yap…Saya juga suka, apalagi bisa membuat sendiri hehehe, baru-baru ini saya upload video game kocak Mobile Legends di Instagram, tentunya saya edit biar lucu,menarik. Bagaimana cara editingnya? Tenang saja,tentu ada dipostingan kali ini guys. Apakah kamu tau aplikasi mana yang sering digunakan untuk record dan editing dikalangan youtuber? Iya banyak sekali software record dan editing video. Yap… semuanya bagus-bagus tapi aplikasi yang mana?. Ok sobat,pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan aplikasi yang saya gunakan dan teknik efek editing apa saja yang saya gunakan pada judul video “Mobile Legend WTF Moments Episode 1” yang saya upload di youtube. 


Aplikasi yang saya gunakan :

Rekam Layar 

Sebenarnya aplikasi record banyak pilihannya,dulu sebelum smartphone saya upgrade OS/MUI nya belum ada aplikasi Rekam layar jadi saya menggunakan Mobizen kadang juga DU Record. Antara 2 aplikasi dan aplikasi bawaan itu hasil rendering videonya bagus semua, tapi jika smartphone kalian sudah ada aplikasi bawaannya Rekam Layar mending pakai saja yang bawaan biar bisa hemat RAM dan memori internalnya.

Vegas Pro 15

Adalah software untuk editing video non-linear ,awalnya diterbitkan oleh Sonic Foundry dan sekarang dipegang oleh Sony Creative Software. Sejarah lengkapnya kamu bisa cek di wikipedia tentang Vegas Pro. Dalam pengalaman saya saat edit video dengan vegas pro, memiliki fitur editing seperti multirack video dan audio. Ok langsung saja simak cara editing di Vegas pro 15.


Macam Cara Editing Vegas Pro 15 yang saya gunakan :

Fitur Split

Dalam teknik editing video fungsi split ini berguna untuk pemotongan sebuah video, jadi pada bagian video yang tidak penting kita potong. Fungsi split ini sangat beguna pada video mobile legends saya. Contohnya untuk penggabungan antara video effect meme dan video record mobile legends.

Fitur Chroma Keyer (Green Screen)

Fungsi dari Chroma Keyger adalah penggabung 2 bingkai video menjadi 1 seperti contoh saya punya 2 video, 1 video efek yang bingkainya hijau, dan 1 video bingkiny mobile legends. Bagaimana caranya agar bisa menjadi 2 video tersebut menjadi 1 bingkai video yang sama? Nah teknik/efek Chroma Keyer ini yang saya gunakan seperti contoh pada bagian didalam video Mobile Legend WTF moment, muncul sebuah tangan petir itu.
 Caranya :

  1. Klik Video FX cari chroma keyer,
  2.  Klik tahan Fitur Green Screen dan seret saja pada track video 1,
  3. Atur sesuai kondisi pewarnaan menyesuaikan kondisi warna track video,


BackSound ( Sound Effect)

Pada video Mobile Legends saya kasih Backsound atau sering disebut Sound Effect/Efek suara . Efek suara yang saya maksud itu suara yang ada di dalam video menjadi suara yang bervariasi/istilah lain agar lebih enak didengar, karena suara asli track audio rekaman video, saya hilangkan dan saya ganti sound effect music dan saya kasih sound effect video meme yang pas pada moment lucunya saja hehehe.

Fitur Event Pan/Crop 

Dalam video saya ada efek seperti, 1 video dijadikan backgroundnya dan 1 video satunya menjadi objek didalamnya. Jadi saya gunakan event pan/crop untuk memperkecil tampilan video track 1 dan video track 2 atur saja trim start/waktunya berjalan bersamaan dengan video track 1. Tidak hanya itu didalam fitur ini juga bisa efek zoom in,zoom out,maupun videonya dapat kamu gerakan sesuka kamu.

Caranya :
  1.  Klik Event pan/crop pada track video 1,
  2. Perkecil ukuran bingkai video track 1 dengan menarik rotasi dan posisi kearah luar bingkai video,
  3. Jika kamu ingin zoom in/zoom out maupun menggerakan bingkai gunakan fitur create keyframe , atur aja tiap 2 detik pindahkan saja posisi bingkai videonya.


Dari macam cara diatas sudah melingkupi cara pembuatan video Mobile Legends WTF Moment menggunakan Vegas Pro 15 dan masih banyak fitur keren yang belum saya coba hehehe. Ok sobat, mungkin sekarang sobat tertarik ingin editing video pakai vegas pro, iya kan…? Yapp… sekian dulu dari saya, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.


Previous
Next Post »