Solusi Alternatif Android Virtual Device di Android Studio


Hallo guys, lama tak berjumpa ehehhe, maaf ya lagi fokus kuliah nih. Ok kawan-kawan programmerku yang asik atau panggilannya apa nih? Sobat developer dah, waduh hahaha baru aja mulai sudah dipanggil developer, Amin. Ok langsung intinya saja, saya punya pengalaman bagus yang bisa saya bagikan dengan developer muda/pemula yang beranjak menggeruti Android Studio nih. Disini saya punya laptop speksifikasi rendah atau kentang yang biasa sobat katakan. Speksifikasinya Prossesornya dual-core nah itu masalahnya dan pengaturan Bios VT-Virtualilzer/ AMD-V Virtualisernya belum ada ya emang karena ini laptop keluaran lama/ bukan generasi baru. Terus Apakah bisa di jalankan Android Virtual Devicenya? Jawabannya bisa jalan, cuma lemot banget bisa 10-15 menit hahaha bisa gila nungggu buildnya, karena HAXM tidak bisa terinstall.

Solusi Alternatif AVD Android Studio

Solusi pertama install komponen pendukung SDK Tools

Dari solusi pertama ini sobat cukup install komponen SDK tools yang dibutuhkan,caranya sobat klik bagian “Tools>>SDK Manajer” jika laptop sobat Prossesornya AMD sobat install/cek list pada bagian “Android Emulator Hypervisor Driver for AMD Prossesor” dan jika laptop sobat memiliki prosessor Intel jadi sobat cek list pada Intell x86 Emulator Accelator. Untuk Prossesor Intel sudah enak bisa otomatis terinstall komponen HAXM, tapi untuk AMD masih belum karena prossesor AMD harus mengaktifkan secara manual melalui Bios dan aktifkan lagi VT-X / AMD-V pada bagian windows features. Setelah itu baru bisa Install HAXM untuk AMD.
SDK Tools
Terus bagaimana nasibnya jika memang tetap gagal dalam penginstallan HAXM installation failed? Tetap semangat, jangan menyerah masih ada solusi kedua sobat developerku.

Solusi kedua install Emulator Memu


Kenapa harus Emulator Memu? Jawabannya simpel guys ya karena Emulator ini paling ringan. Karena saya sudah bandingkan sama Nox App Player , BlueStack , dan kawan-kawan lainnya, cuma Emulator Memu yang paling cocok disandingkan sama Android Studio saat building memakan waktu 1-3 menitan nah enak kan daripada pakai bawaannya Android Virtual Device yang bisa memakan waktu 10 menitan lebih hahaha. Serius ini pengalamanku dengan Laptop ASUS X45U prossesor dual-core tapi bisa setiap building Android Studio 1-3 menit loh, tapi emang ada faktor lain bantuan dari RAMnya sudah saya ganti 4 GB dan bantuan SSD. Lah terus Bagaimana cara menghubungkan Emulator Memu dengan Android Studio?
Proses Gradle Build
 Hehehe Simak postingan selanjutnya, sampai jumpa dilain waktu guys. 



Newest
Previous
Next Post »